Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Swiss Menangis di Kandang


Mesuji Pematang Panggang – Ambisi Swiss meraih angka maksimal di laga pembuka Grup A Euro 2008 di St Jakob-Park gagal total. Gol tunggal striker Republik Ceko (Rep Ceko) Vaclav Sverkos , tadi pagi WIB, membuat Swiss menangis.

Sverkos menunjukkan kelasnya pada menit ke-70 setelah memaksimalkan umpan Marek Jankulovski. Hasil ini membawa Rep Ceko memimpin klasemen sementara Grup A dengan tiga angka sekaligus memperbesar peluang melangkah ke putaran berikut.


Pasukan Karel Brueckner tinggal mencari poin maksimal dari laga melawan Portugal di Stade de Geneve, Rabu (11/6). Sementara Swiss mesti bekerja keras jika tetap ingin melanjutkan langkah mereka di Euro 2008. Padahal, sejak wasit Roberto Rosetti meniup tanda laga dimulai, kedua tim mengambil inisiatif menyerang. Status tuan rumah membuat Swiss lebih percaya diri.

Buktinya,Nati––julukan Swiss— beberapa kali mendapat peluang, terutama lewat Alexander Frei.Bomber Borussia Dortmund itu dua kali mengancam gawang Rep Ceko. Sayang, usaha Frei masih bisa digagalkan kiper Petr Cech. Namun,Kereta Ekspres––julukan Rep Ceko––sebagai tim yang lebih matang dan berpengalaman perlahan mulai menguasai pertandingan.

Sayang, mereka belum mampu memberi ujian berarti pada pertahanan Swiss yang digalang Philippe Senderos dkk. Kalaupun memiliki kesempatan, itu pun bukan dari pemain sendiri. Peluang terbaik Rep Ceko terjadi dari tandukan bek lawan Ludovic Magnin yang memaksa kiper Diego Benaglio melakukan penyelamatan. Insiden krusial terjadi menjelang selesainya babak pertama.

Frei harus meninggalkan lapangan seusai dijegal Zdenek Grygera.Pelatih Swiss Jakob “Koebi”Kuhn kemudian memanggil Hakan Yakin dari bangku cadangan.Perubahan di lini depan itu ternyata tidak mengubah strategi Nati. Sebelum pertandingan digelar, pesta pembukaan berlangsung meriah.

Wartawan SINDO Hanna Farhana dari Swiss melaporkan, opening ceremonyyang digelar selama 13 menit itu berlangsung lancar. Sedikitnya, 42.500 penonton memadati Stadion St Jakob-Park. Kekhawatiran pembukaan pesta sepak bola terbesar kedua setelah Piala Dunia itu akan diganggu hujan, tidak terbukti.

Cuaca begitu cerah, sehingga 976 sukarelawan dari dua negara tuan rumah, ditambah perwakilan 14 negara peserta,leluasa mempertontonkan konsep acara yang menggambarkan tradisi dan inovasi itu. Pertunjukan yang digagas Direktur Artistik Martin Arnaud dan the Auditoire agency itu berlangsung mulus.

Dalam pertunjukan itu, Arnaud memperlihatkan kombinasi apik antara olahraga dan budaya. Arnaud juga mengajak fans yang datang ikut merayakan tradisi lokal dengan kubuskubus raksasa. Acara kemudian ditutup dengan parade bendera 16 negara yang tampil di Austria- Swiss.

“Tujuan pembukaan ini adalah menstimulasi imajinasi penonton dan membiarkan mereka menginterpretasikan sendiri bayangan keindahan di lapangan,”ujar Arnaud. Sayang, kemeriahan dan kemegahan pembukaan pesta sepak bola terbesar antarnegara Eropa itu harus diiringi kabar duka dari beberapa negara peserta.Salah satunya Belanda.

Pelatih Timnas Belanda Marco van Basten harus bersiap kehilangan winger BelandaArjen Robben.Mantan pemain Chelsea itu dipastikan tidak bisa tampil pada partai Grup C melawan Italia di Stade de Suisse,besok. Punggawa Real Madrid itu terkena cedera selangkangan ketika mengikuti latihan di Stade Olympique de la Pontaise.

“Sebuah pukulan telak kehilangan dua orang yang bermain di posisi serupa. Sebelumnya, kami sudah merelakan Ryan Babel,” kata Arsitek Marco van Basten.“Bersama tim medis,Robben kini berusaha memulihkan diri agar fit untuk laga berikutnya.” Nama lain yang absen dari latihan adalah bek kanan Mario Melchiot, setelah terluka pelvisnya.

Namun,dia diharapkan akan bergabung dengan Ruud van Nistelrooy dkk pada persiapan terakhir De Oranye––julukan Belanda— menjelang duel besok,hari ini. Selain Belanda, Swedia juga harus bersiap dengan kondisi Zlatan Ibrahimovic. Striker yang merumput bersama Inter Milan itu diragukan dapat merumput 90 menit pada pertandingan Grup D menghadapi juara bertahan Yunani di Stadion Wals Siezenheim, Selasa (12/6). Ibrahimovic masih harus mengembalikan kebugaran seusai istirahat dua bulan karena cedera lutut.

Sementara itu, Portugal mesti mengganti kiper Quim setelah tulang pergelangan tangannya patah. Nakhoda Luiz Felipe Scolari langsung menunjuk penjaga gawang FC Porto Nuno Espirito Santo sebagai penggantinya.(*)



Tidak ada komentar: