Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Bijak dengan Dana THR


Dua pekan menjelang lebaran biasanya perusahaan sudah membagikan tunjangan hari raya (THR). Tapi sayang banyak dana THR menguap untuk keperluan yang tidak begitu penting. Jangankan memikirkan untuk menabung dari dana THR, membuat hari-hari usai lebaran tidak nombok saja sulit.

Lalu bagaimana mengelola dana THR agar pengeluaran ketika puasa dan lebaran tidak terlalu membengkak? Apa bisa dana THR digunakan untuk investasi?

THR merupakan tambahan pendapatan yang diperoleh di luar gaji. Seyogyanya, jika dengan gaji bulanan saja kebutuhan pengeluaran bisa teratasi maka dengan tambahan THR tentunya ada kelebihan dana yang bisa disimpan.

Namun apa boleh dikata, kalau puasa dan lebaran malah membuat kebutuhan konsumsi membengkak. Apalagi yang berencana mudik ke kampung halaman yang biasanya memanfaatkan betul dana THR yang didapat.

Tapi kini saatnya Anda mengubah gaya hidup di bulan puasa dan lebaran agar tidak terlalu konsumtif. Sehingga dana THR yang didapat lebih punya makna ketimbang dibelanjakan yang ujungnya juga akan habis dalam sekejap.

Berikut cara bijak untuk mengelola dana THR:

1. Buatlah daftar kewajiban apa saja yang sedang Anda tanggung, apakah memiliki utang atau harus membayar asuransi yang jatuh tempo. Ingat juga kewajiban membayar THR untuk orang yang bekerja di rumah.

2. Jika Anda memiliki utang yang belum terbayar bisa menggunakan sebagian THR untuk melunasinya. Konsekuensinya memang Anda tidak bisa menikmati THR untuk belanja banyak. Tapi bukankah dengan begitu Anda lebih lega tidak memiliki utang lagi dan tidak perlu repot menyisihkan dana untuk bayar utang.

3. Sisihkan dulu kebutuhan membayar zakat, sedekah atau berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan.

4. Beli keperluan makanan untuk puasa dan lebaran dengan tidak berlebihan. Lebaran juga tidak harus selalu memakai pakaian baru sehingga biaya untuk baju baru bisa dikurangi.

5. Siapkan anggaran untuk mudik. Karena terkadang ongkos mudik menggunakan bus, kereta, pesawat lebih tinggi saat lebaran. Sediakan juga dana selama di kampung halaman.

6. Bagi pasangan yang bekerja tentu mendapatkan THR dobel. Buat kesepakatan, misalnya THR suami untuk keperluan lebaran dan THR istri ditabung atau investasi di reksa dana atau ORI yang risikonya lebih kecil.

7. Biasakan menyisihkan dana THR misal 10% untuk menabung.

Umumnya pada saat puasa banyak rumah tangga yang menyediakan jenis makanan manis yang berlebih seperti kolak, sirup, kue-kue. Anda bisa lebih menghemat dengan menyajikan satu jenis makanan manis saja untuk berhemat.

Perlu diingat, biasanya saat lebaran dana yang digunakan habis-habisan. Nah jangan sampai terulang lagi kejadian habis lebaran malah tak punya uang. Sementara gajian bulan beikutnya masih lama.

Selamat mengelola THR.

10 komentar:

Batur SASAK mengatakan...

mudahan dapat THR...tapi sering dana THR terlalu tinggi anggarannya ama dinas tapi yang kasi cuma ah...sedikit..paling sirup marjan..he

Bayu Aditya mengatakan...

wah, masih lama neeh lebarannya, jadi ga sabar.. :)

Lyla mengatakan...

mudah2an dapet THR jadi gak kanker deh alias kantong kering hehehe

Iksan mengatakan...

aku sering ke THR taman hiburan rakyat kekekeke

gusti mengatakan...

kalo THR bagi aq tuh berkah di bulan Ramadhan.. hihihi... dan itu pasti habis 1 minggu setelah hari raya.. wahahaha.. boros...

Tha mengatakan...

wawww..yang mau lebaran lagi ngomongin THR...
lontongnya ya paaaak :D

Kristina Dian Safitry mengatakan...

daku gak dapat THR tahun ini,hu..hu...

uNieQ mengatakan...

wah wah seru juga niyh..jadi ngebayangin dapat THR :P

Kang Boim mengatakan...

wah bener nih...kl udh ketemu THR...bawaannya khilaf...bisa2 habis tu jatah THR buat hura2....heee

iam mengatakan...

lemak men ado THR..la kami dak katek..terpakso jual buku.

haa33..