Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

PDIP Pastikan Syahrial-Helmi


Mesuji Pematang Panggang – DPD PDIP Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan mengusung nama Syahrial Oesman sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Gubernur (Pilgub) Sumsel mendatang.

Kepastian pencalonan incumbent gubernur Sumsel tersebut diputuskan secara aklamasi dalam rapat kerja daerah khusus (Rakerdasus) DPD PDIP di Hotel Novotel, Palembang, kemarin. Sebagai bakal calon wakil gubernur mendampingi Syahrial, DPD PDIP menetapkan nama presenter kondang Helmi Yahya.

”Keputusansecara defactotelahfinal di DPD,tetapi untuk pengesahan secara dejure masih menunggu surat keputusan (SK) dari DPP.Diperkirakan akan keluar dalam waktu dua hingga tiga hari ini,”kata Ketua DPD PDIP Sumsel Eddy Santana Putra, dalam konferensi pers di DPD PDIP Sumsel di Jalan Basuki Rahmat,Palembang,kemarin.

Menurut Eddy, pasangan tersebut dipilih setelah dilakukan verifikasi faktual Rakerdasus. Bakal calon gubernur diputuskan hanya satu karena Syahrial Oesman secara aklamasi dipilih forum yang dihadiri pengurus DPC hingga PAC PDIP se-Sumatera Selatan tersebut.

Sementara, untuk bakal calon wakil gubernur, DPD mengirim delapan nama, yaitu Ridwan Mukti, Ratnawati Ibnu Amin, Harunata, Sudirman Effendy,Helmi Yahya, Tabrani,Mahyuddin NS, serta Abbas Tomi ke DPP. ”Walaupun masih menunggu penetapan DPP nantinya, saya kira keputusan menggandengkan Syahrial Oesman-Helmi Yahya ini tidak akan berubah lagi. Insya Allah DPD sudah menetapkan sesuatu yang benar bagi partai,”ujar Eddy.

Rakerdasus DPD PDIP Sumsel kemarin dibuka langsung Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Pramono Anungsertadihadirisejumlah pengurus DPP PDIP. Di antaranya, Manggara Siahaan, Firman Jaya Deli, dan Korwil PDIP untuk Sumsel Dudi Makmun Murod,serta sejumlah organisasi sayap PDIP, seperti Baitul Muslimin Indonesia, Repdem, dan Banteng Muda Indonesia. Bakal calon wakil gubernur yang sempat disebut-sebut paling berpeluang mendampingi Syahrial, Ridwan Mukti dan Mahyuddin NS,tampak tidak hadir dalam Rakerdasus tersebut.

Seusai membuka Rakerdasus, Sekjen DPP PDIP Pramono Anung mengatakan, nama-nama bakal calon wagub yang ada akan tetap dimunculkan dan diusulkan ke DPP. DPP sendiri, ungkapnya, telah dua kali melakukan survei internal terkait pelaksanaan Pilgub Sumsel ini. Dia berharap, Pilgub Sumsel dapat dimenangkan calon yang diusung PDIP.

”Kriteria bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung PDIP,pertama, tentunya yang dapat memenangkan dan melanjutkan pembangunan di Sumsel. Kedua, dalam pilkada, faktor popularitas menjadi penting sehingga kita juga akan mempertimbangkan hal ini,”ucap Pramono.

Dia menambahkan, peluang Helmi Yahya sebagai bakal calon wakil gubernur memang paling besar di antara calon lain.Alasannya,karena Helmi telah cukup dikenal masyarakat. Keputusan Rakerdasus sendiri, lanjut Pramono, adalah mencalonkan Syahrial Oesman sebagai bakal calon gubernur Sumsel yang didukung PDIP.

Sementara, untuk bakal calon wakil gubernur diserahkan kepada DPP PDIP dengan berbagai pertimbangan, antara lain yang bersangkutan harus dapat bekerja sama dengan Syahrial Oesman sebagai calon gubernur dari PDIP.

”Selain itu,juga harus memiliki ideologi dan pandangan politik yang tidak berbeda dengan PDIP,”katanya. Incumbent Syahrial Oesman kemarin masih belum mau berkomentar banyak soal keputusan PDIP itu. Dia mengaku belum mengetahui hasil Rakerdasus tersebut,termasuk siapa bakal calon wakil gubernur yang akan mendampinginya.

”Nantilah kita lihat keputusan Rakerdasus.Siapa pun wakil yang ditetapkan Rakerdasus nanti,saya ikut saja,” kata dia. Begitu pula ketika disinggung mengenai posisi wakil gubernur saat ini,Mahyuddin NS, yang hampir pasti terdepak dari bursa bakal calon wakil gubernur dari PDIP, Syahrial mengaku belum mengetahui.

Menanggapi keputusan DPD PDIP Sumsel itu, Helmi Yahya mengaku siap bila memang berjodoh dengan Syahrial Oesman pada Pilgub Sumsel nanti.Sebab secara pribadi, dirinya siap berpasangan dengan siapa saja yang ditunjuk sebagaicalonterbaikdariPDIP untuk didampinginya.

Disinggung soal sikap kakaknya, Tantowi Yahya, yang mendukung bakal calon gubernur Alex Noerdin yang tak lain adalah saingan kuat Syarial, Helmi mengaku tidak masalah.Menurut dia,seluruh keluarga mendukungnya, termasuk Tantowi.

”Saya dan Tantowi tentu saling dukung. Biasa bila ada perbedaan arah dalam berpolitik dalam satu keluarga. Namun perbedaan ini bukanlah sesuatu hal yang sifatnya mendasar,”tutur Helmi. (dedy sagita)



Tidak ada komentar: