Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Hari Ini, Adipura Diarak Keliling Kota


MesujiPematang Panggang – Untuk ke sekian kalinya,Kota Palembang berhasil meraih penghargaan Adipura dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Berbeda dengan penghargaan Adipura sebelumnya,Kota Palembang kali ini dinobatkan sebagai Kota Metropolitan terbersih se-Indonesia. Selain Kota Palembang, sebanyak 93 kota/kabupaten lain di seluruh Indonesia juga mendapat penghargaan serupa.
Dua di antaranya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Kabupaten Musi Banyuasin. Pada kesempatan yang sama,Presiden juga memberi penghargaan Kalpataru kepada 12 orang yang telah berjuang melestarikan lingkungan. Penghargaan Kalpataru dan Adipura yang diserahkan Presiden SBY di Istana Negara Jakarta, sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup.


Tema yang diambil dalam perayaan Hari Lingkungan Hidup saat ini adalah ”Ubah Perilaku dan Cegah Pencemaran Lingkungan”. Pada kesempatan tersebut,Ibu Negara Ani Yudhoyono juga mendapat penghargaan Certificate of Global Leadership dari United Nation Environment Programme (UNEP), atas program penanaman 10 juta pohon di Indonesia yang kemudian menjadi 14 juta pohon. UNEP juga memberi penghargaan kepada Menteri Kehutanan MS Kaban.

Penghargaan diberikan atas jasanya memajukan gerakan menanam pohon, dengan keberhasilannya mendorong masyarakat desa melakukan penanaman serentak 86 juta pohon. Kepada peraih piala Adipura, Presiden berjanji,suatu saat akan datang langsung ke kota tersebut untuk mengecek keberadaannya.

Dia menegaskan, apabila kota penerima Adipura tidak sesuai yang diharapkan, tidak tertutup kemungkinan piala itu akan dicabut. ”Mari kita buat saluran dan lingkungan bersih, jangan sampai sedikit-sedikit banjir. Jangan sampai pialanya dicabut karena kotanya mampet,”ujarnya.

Di tempat yang sama,Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar mengatakan, dalam upaya mengubah perilaku ramah lingkungan,diperlukan dukungan dan keterlibatan semua pihak,baik masyarakat, pelaku usaha, maupun pemerintah,dalam menjalankan pola perilaku dan konsumsi berkelanjutan.

Sementara itu,Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra mengatakan,pihaknya sangat berterimakasihkepadaseluruh warga Kota Palembang yang telah mendukung kota Palembang sehingga dapat kembali menerima piala Adipura. Untuk kategori Metropolitan, Palembang menjadi kota Metropolitan nomor satu peraih penghargaan Adipura dan mendapat nilai tertinggi.

”Kalau dulu terkenal perilakunya yang kurang bersih, sekarang Alhamdulillah, berubah menjadi bersih.Di manamana sekarang orang mengerti lingkungan bersih,” ujar Eddy kepada SINDO kemarin. Untuk ke depan,menurutnya, setiap empat bulan sekali Palembang akan mengadakan pameran lingkungan.Saat ini, programyangsedangdibangun adalah program mengembangkan ramah lingkungan (RT).

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Musi Banyuasin Alex Noerdin yang juga menerima penghargaan Adipura mengatakan, paling sulit dari Adipura ini adalah bukan membersihkan kotanya,tapi mengubah perilakumasyarakatnya. Lima tahun lalu,kata Alex, Sekayu merupakan kota terjorok di Indonesia, tapi sekarang justru menjadi kota terbersih.

”Yangpalingberatpada tahun-tahun pertama itu adalah mengubah perilaku masyarakat, yang tadinya acuh terhadapkebersihan,sekarang berpartisipasi aktif menjaga kebersihan,” ujarnya. Sementara,BupatiOganKomering Ilir Ishak Mekki yang kotanya juga mendapat penghargaan Adipura mengatakan, setelah dua kali mendapat penghargaan,diharapkan masyarakat dapat lebih meningkatkan kebersihan lingkungan menjadi budaya sehari-hari.

”Jadi tidak hanya untuk mendapatkan Adipura, tetapi juga menjadi budaya.Budaya hidup bersih yang menjadi kebutuhan. Jadi tanpa dikomandoi, nantidiabisaberjalansendiri,” ucapnya.

Diarak Keliling Kota

Sementara itu menurut rencana,hari ini piala Adipura akan diarak keliling Kota Palembang. Arak-arakan akan dibagi dua tahap,pagi dan siang. Piala Adipura akan diarak hingga 87 km dengan waktu tempuh sekitar empat jam yang dimulai dari kediaman Wali Kota Palembang Eddy SantanaPutradiJalan TasikNo 1 Palembang,pukul 08.00 WIB.

Kepala Subdinas (Kasubdin) Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Kota PalembangEddy Nursalammenjelaskan, arak-arakan piala Adipura berakhir pukul 16.00 WIB di Lapangan Parkir Bumi Sriwijaya, Jalan POM IX, Palembang.

Menurut Eddy, kemeriahan itu diramaikan dengan konvoi puluhan kendaraan dan dimeriahkan dengan hiburan bujang gadis Palembang,saropalanamdantanjidor. Jugaada parade dari motor besar,vespa atau mobil antik,dengan berbagai hiasan. (rarasati s/darfian mj s/ m marzuki/siera s)


Tidak ada komentar: