Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

CPNS PU, Bapenas, Diknas



ada beberapa informasi kerja yang sengaja saya sampaikan diantara :

1.CPNS BAPENAS
2.CPNS DIKNAS
3.CPNS PU

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan di klik aja
format file " PDF "
CPNS BAPENAS

dan

CPNS DIKNAS

untuk PU silahkan baca

P E N G U M U M A N Nomor : KP.01.03.Mn/ 594
PENGADAAN PEGAWAI NEGERI SIPIL DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM
TINGKAT PASCA SARJANA (S2), SARJANA (S1) UNTUK GOLONGAN III
TAHUN ANGGARAN 2008

Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia membuka kesempatan kepada para
Pasca Sarjana dan Sarjana bagi yang Berwarga Negara Indonesia baik pria
maupun wanita, sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan
Departemen Pekerjaan Umum yang akan ditempatkan baik di Pusat maupun di
Daerah dengan ketentuan:
I. JUMLAH YANG DIBUTUHKAN : 265 orang


Pasca Sarjana (S2), Sejumlah : 30 Orang
1 S.2 Teknik Sipil (Jalan & Jembatan, Pengairan, Konstruksi, Transportasi)
20 Orang
2 S.2 Planologi/Perencana an Wilayah Kota/Studi Pembangunan 5 Orang
3 S.2 Teknik Lingkungan 4 Orang
4 S.2 Kimia/Farmasi 1 Orang
Sarjana (S1), Sejumlah : 235 Orang
1 S.1 Teknik Sipil (Jalan & Jembatan, Pengairan, Konstruksi, Transportasi)
55 Orang
2 S.1 Teknik Arsitektur 14 Orang
3 S.1 Planologi/Perencana an Wilayah Kota/Desa 15 Orang
4 S.1 Teknik Lingkungan 15 Orang
5 S.1 Pertanian (Agronomi, Teknik Pertanian, Teknologi Pangan, Ilmu Tanah,
Sosial Ekonomi Pertanian, Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian) 12 Orang
6 S.1 Geologi 5 Orang
7 S.1 Geografi /Geohidrologi/ Hidrologi 4 Orang
8 S.1 Geodesi 10 Orang
9 S.1 Teknik Industri/Manajemen Industri 2 Orang
10 S.1 Teknik Mesin (Otomotif dan Industri) 4 Orang
11 S.1 Kimia 3 Orang
12 S.1 Teknik Fisika/Fisika Instrumen 2 Orang
13 S.1 Informatika/ Telekomunikasi (Teknik/Manajemen/ Sistem Informatika,
Teknik/Ilmu Komputer, Telekomunikasi) 20 Orang
14 S.1 Ekonomi (Akuntansi, Manajemen, Ekonomi/Studi Pembangunan) 23 Orang
15 S.1 Hukum (Hukum Perdata/Tata Negara) 15 Orang
16 S.1 Sosial (Hubungan Internasional, Adm. Negara, Adm. Publik, Sosiologi,
Antropologi) 20 Orang
17 S.1 Komunikasi/Publisis tik (Humas, Komunikasi Publik/Massa, Publisistik,
Jurnalistik) 10 Orang
18 S.1 Perpustakaan 2 Orang
19 S.1 Pendidikan (Pendidikan Teknik Sipil/Teknologi Pendidikan/Manajeme n
Pendidikan) 4 Orang

II. PERSYARATAN UMUM:

1. Warga Negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani.
2. Tidak sedang terikat perjanjian / kontrak kerja dengan instansi
pemerintah / swasta lain.
3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri
atau tidak dengan hormat sebagai CPNS / PNS / Anggota TNI / Polri, atau
diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS / PNS / Calon Anggota TNI / Polri serta
Anggota TNI / Polri.
5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia.
6. Minimal mengerti / mengetahui penggunaan dasar komputer (microsoft
office) dan internet (browsing & surat elektronik)

III. PERSYARATAN KHUSUS BAGI PELAMAR UMUM

1. Berijazah Pasca Sarjana (S2) dan atau Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi
Negeri / Perguruan Tinggi Swasta yang telah mendapat akreditasi (minimal B)
atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat pengesahan dari
Departemen Pendidikan Nasional, dengan persyaratan Indeks Prestasi Komulatif
(IPK): untuk S1 minimal 2,75 (dua koma tujuh lima), dan S2 minimal 3,25
(tiga koma dua lima). Bagi pelamar berpendidikan S2 wajib melampirkan ijazah
dan transkrip nilai jenjang S1.
2. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang tersedia yang
ditetapkan oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.
3. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) yang dibuktikan
dengan hasil test kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku. Hasil Tes
yang diperbolehkan adalah sebagai berikut:
* EPT yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional (LBPP)
LIA dengan nilai minimal: 450 untuk S1 dan 475 untuk S2;
* International TOEFL®IBT (Internet Based TOEFL) dengan nilai minimal 53
untuk S1, dan 64 untuk S2;
* IELTS yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Australia (IDP) atau oleh
British Council dengan nilai minimal 4.5 untuk S1 dan 5.5 untuk S2.
4. Ketentuan usia adalah sebagai berikut:
* Lahir pada 1 Desember 1980 atau sesudahnya bagi S1 (usia maksimum 28 tahun
pada tanggal 1 Desembar 2008).
* Lahir pada tanggal 1 Desember 1978 atau sesudahnya bagi S2 (usia maksimum
30 tahun pada tanggal 1 Desember 2008).

IV. PERSYARATAN KHUSUS BAGI PEGAWAI TIDAK TETAP (PTT) DI LINGKUNGAN
DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM:

1. Merupakan Pegawai yang tercatat dalam Database Pegawai Tidak Tetap (PTT)
di Lingkungan Departemen Pekerjaan Umum. Bagi pegawai yang tidak tercatat,
maka secara otomatis diperhitungkan sebagai pelamar umum.
2. Berijazah Pasca Sarjana (S2) dan atau Sarjana (S1) dari Perguruan Tinggi
Negeri/Swasta terakreditasi atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri yang
telah mendapat pengesahan dari Departemen Pendidikan Nasional. Bagi pelamar
berpendidikan S2 wajib melampirkan ijazah dan transkrip nilai jenjang S1.
3. Kualifikasi pendidikan sesuai dengan formasi yang tersedia yang
ditetapkan oleh Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara.
4. Menguasai bahasa Inggris dengan baik (lisan dan tulisan) yang dibuktikan
dengan hasil tes kemampuan bahasa inggris yang masih berlaku. Hasil Tes yang
diperbolehkan untuk dilampirkan adalah sebagai berikut:
* EPT yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional (LBPP)
LIA dengan nilai minimal: 450 untuk S1 dan 475 untuk S2;
* International TOEFL®IBT (Internet Based TOEFL) dengan nilai minimal 53
untuk S1, dan 64 untuk S2;
* IELTS yang diterbitkan oleh Yayasan Pendidikan Australia (IDP) atau oleh
British Council dengan nilai minimal 4.5 untuk S1 dan 5.5 untuk S2;
* TOEFL Prediction dari Perguruan Tinggi Negeri dengan nilai: 450 untuk S1
dan 475 untuk S2.
5. Ketentuan usia adalah sebagai berikut:
* Lahir pada 1 Desember 1973 atau sesudahnya (usia maksimum 35 tahun pada
tanggal 1 Desember 2008) baik untuk S1 dan S2.
6. Mempunyai pengalaman bekerja/magang di Lingkungan Departemen Pekerjaan
Umum sejak tahun 2000 atau sebelum 1 April 2007 yang dibuktikan dengan Surat
Pernyataan dari Pimpinan Unit Kerja/UPT yang bersangkutan dan diketahui oleh
Pejabat Eselon II.a (Sekretaris Satminkal/Direktur/ Kepala Biro/Kepala
Pusat).

V. PENDAFTARAN :

1. Pendaftaran Pelamar dilakukan hanya melalui website Departemen Pekerjaan
Umum di http://www.pu. go.id.
2. Bagi Pelamar yang telah melakukan pendaftaran, melengkapi data, dan
secara sistem dinyatakan memenuhi syarat maka akan diberikan nomor berkas
yang harus dicetak. Berkas tersebut untuk selanjutnya dikirimkan bersama
persyaratan lain yang ditentukan.
3. Periode pendaftaran secara online dibuka mulai tanggal 17 September s.d.
17 Oktober 2008.
4. Kelengkapan Berkas dapat dikirimkan mulai tanggal 22 September 2008 dan
paling lambat sudah diterima panitia tanggal 17 Oktober 2008 pukul 15.00
WIB.
5. Kelengkapan Berkas disampaikan melalui Pos Tercatat atau jasa pengiriman
yang ditujukan ke salah satu alamat di bawah ini:

Panitia Pengadaan PNS 2008
Departemen Pekerjaan Umum Gedung I Lantai II
Ruang Sekretariat Pusat Jabatan Fungsional Bidang Pekerjaan Umum
Jl. Pattimura No. 20 Kebayoran Baru Jakarta 12110 Kotak Pos 265
JKTM 12700

6. Kelengkapan lamaran bagi Pelamar Umum :
1. Hasil cetak Nomor Berkas sesuai yang diperoleh pada saat pendaftaran
secara online, dibubuhi materai dan ditandatangani.
2. Dilengkapi dengan dokumen pendukung berupa:
1. 1 (satu) lembar fotokopi ijazah S2 (berikut ijazah S1) atau S1 berikut
transkrip dari Perguruan Tinggi Negeri / Swasta yang sudah dilegalisir
sesuai persyaratan:
* Universitas / Institut, oleh Rektor / Dekan / Pembantu Dekan Bidang
Akademik.
* Sekolah Tinggi, oleh Ketua / Pembantu / Ketua Bidang Akademik.
* Ijazah yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi Luar Negeri oleh Pejabat
yang berwenang di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen
Pendidikan Nasional.
2. 1 (satu) lembar fotokopi yang sudah dilegalisir atau Duplikat Sertifikat
Tes Kemampuan Bahasa Inggris sesuai persyaratan.
3. 3 (tiga) lembar pas foto ukuran 3 x 4 cm (berwarna) dan nama pelamar
dituliskan di bagian belakang;
4. Fotokopi KTP yang masih berlaku.
5. Fotokopi Akte Kelahiran.
6. Surat Pernyataan bahwa yang bersangkutan bersedia ditempatkan di seluruh
daerah di Indonesia.
7. Surat Pernyataan bersedia membayar ganti rugi pengunduran diri (bagi yang
diterima dan mengundurkan diri) sebesar Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta
rupiah) bermaterai Rp. 6.000,- sesuai dengan contoh dalam website.
8. Khusus PTT menyertakan Surat Pernyataan dari Pimpinan Unit Kerja/UPT yang
bersangkutan dan diketahui oleh Pejabat Eselon II.a (Sekretaris
Satminkal/Direktur/ Kepala Biro/Kepala Pusat) dan Surat Pernyataan
Melaksanakan Tugas (sesuai format terlampir).
3. Berkas lamaran disusun rapi dalam map snelhecter dan dimasukkan dalam
amplop berwarna coklat. Warna Map untuk pelamar umum: S1 (kuning), S2
(biru). Untuk Pegawai Tidak Tetap : S1 (merah), S2 (coklat).
4. Tempelkan informasi pelamar pada amplop yang telah disediakan oleh sistem
pada saat selesai pendaftaran online.
5. Berkas lamaran yang tidak lengkap atau terdapat perbedaan data antara
database pelamar dengan berkas yang disampaikan akan dinyatakan tidak
memenuhi syarat.

VI. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI

Seleksi dilakukan dengan sistem gugur sebagai berikut:
1. Seleksi Administratif dengan melihat pemenuhan persyaratan di atas, dan
yang tidak memenuhi persyaratan akan gugur.
2. Bagi pelamar yang lulus Seleksi Administrasi diharuskan untuk mengambil
Tanda Peserta Tes pada waktu dan lokasi yang akan ditentukan.
3. Tanda Peserta Seleksi Ujian Tertulis diambil sendiri oleh calon peserta
(tidak dapat diwakilkan) dengan membawa dokumen asli berupa: ijazah, TOEFL,
transkrip nilai, dan akte kelahiran untuk diperlihatkan kepada panitia.
4. Ujian tertulis meliputi Tes Pengetahuan Umum (TPU) yang terdiri dari:
Pengetahuan Ke-PU-an, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (Khusus bagi PTT),
Pancasila, Tata Negara, Sejarah dan Kebijakan Pemerintah. Tes Bakat
Skolastik (TBS), Tes Skala Kematangan (TSK), dan Pengetahuan
Khusus/Substansi pada tanggal 1 November 2008.

VII.TEMPAT DAN PENGUMUMAN HASIL SELEKSI

1. Hanya mereka yang dinyatakan lulus seleksi administratif yang akan
dipanggil untuk mengikuti ujian tulis.
2. Pemanggilan peserta yang dinyatakan lulus administratif akan diumumkan
melalui website Departemen Pekerjaan Umum dan papan pengumuman Departemen
Pekerjaan Umum.
3. Penyelenggaraan tes akan dilaksanakan secara terpusat di Jakarta dan akan
ditentukan kemudian.
4. Hasil Ujian tulis akan diumumkan melalui website Departemen Pekerjaan
Umum dan papan pengumuman Departemen Pekerjaan Umum.

VIII. LAIN–LAIN

1. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil Departemen Pekerjaan Umum tidak
dipungut biaya.
2. Departemen PU tidak bertanggungjawab atas pungutan atau tawaran berupa
apapun oleh oknum–oknum yang mengatasnamakan Departemen Pekerjaan Umum atau
Panitia sehingga peserta diharapkan tidak melayani tawaran–tawaran untuk
mempermudah penerimaan sebagai Calon PNS.
3. Panitia membuka jalur pelayanan telephone (hotline) bagi para pelamar
pada hari dan jam kerja (17 September s.d. 17 Oktober 2008, Senin – Jumat,
09:00 – 15:00 WIB):
Informasi Persyaratan Administratif Informasi Sistem Online

0838 894 7207 (Sdri. Wenny) 0838 894 7209 (Sdr. Sam)
0838 894 7208 (Sdri. Dewi)

4. Lamaran tanpa nomor berkas lamaran dianggap tidak berlaku dan tidak akan
diperiksa oleh panitia. Panitia hanya memeriksa 1 (satu) berkas lamaran
untuk 1 (satu) Nomor Berkas.
5. Surat Keterangan Kelulusan / Ijazah sementara dapat diterima, dengan
syarat Pelamar dapat menyertakan Surat Pernyataan yang ditandatangani oleh
Pimpinan Universitas yang menyatakan bahwa pihak Universitas sudah dapat
mengeluarkan ijazah asli yang bersangkutan pada saat yang bersangkutan
mengambil Nomor Peserta Ujian. Bagi Pelamar yang tidak dapat menunjukkan
Ijazah asli, maka yang bersangkutan tidak dapat mengambil Nomor Peserta
Ujian.
6. Bagi Pelamar lulusan luar negeri yang memiliki transkrip nilai tidak
berskala 4,0 harap melampirkan konversi transkrip nilai dengan skala 4,0
yang disahkan oleh Ditjen Dikti Depdiknas.
7. Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milik panitia dan tidak
dapat diminta kembali oleh pelamar.
8. Hal–hal lain yang berkaitan dengan pengadaan dan seleksi PNS Departemen
Pekerjaan Umum Tahun 2008 dapat dilihat pada website Departemen PU
(http://www.pu. go.id) dan para pelamar disarankan untuk terus memonitor
perkembangannya.

Jakarta, 15 September 2008
A.N MENTERI PEKERJAAN UMUM
Sekretaris Jenderal
Departemen Pekerjaan Umum

IR. AGOES WIDJANARKO, MIP
NIP. 110023320

Informasi Pengadaan PNS Departemen Pekerjaan Umum Tahun 2008 berupa
pengumuman, persyaratan dan formulir yang diperlukan dapat dilihat
(download) pada Website Departemen Pekerjaan Umum dengan alamat
http://www.pu. go.id dan papan pengumuman di Kantor Pusat Departemen
Pekerjaan Umum. Jika belum memiliki User-Id dan Password, silakan
mendaftarkan terlebih dahulu dengan menekan tombol "registrasi pelamar"
dibawah ini. Silakan mengisi User-Id dan Password anda kemudian tekan tombol
pendaftaran
User-Id :
Password :

PETUNJUK/CATATAN :

Sebelum melakukan registrasi pelamar, lakukan hal–hal sebagai berikut :
1. Baca secara seksama persyaratan pengadaan PNS Dep. PU dan tatacara
pendaftaran.
2. Siapkan alamat surat elektonik (e-mail) pribadi/perorangan.
3. Siapkan ijazah, transkrip nilai, KTP, Sertifikat kemampuan berbahasa
Inggris (EPT/TOEFL/IELTS) , dan pasfoto digital berwarna (file dalam format
jpg), dengan resolusi maksimum 480x640 pixels, atau besar file maksimum
70kB.
2. Isi seluruh data dan informasi yang diminta secara benar dan lengkap.
3. Pastikan Saudara memasukkan data dengan benar, karena data yang sudah
disampaikan kepada Panitia tidak dapat diubah.
4. Selalu aktif memonitor informasi yang akan disampaikan kepada pelamar
hanya melalui website Departemen Pekerjaan Umum.
5. Website ini akan lebih optimal dibuka menggunakan browser Internet
Explorer versi 6 atau yang lebih baru. Jika browser tidak dilengkapi dengan
Adobe Reader (diperlukan untuk membuka file berkas registrasi berbentuk
PDF), bisa didapatkan dari www.adobe.com/ products/ reader/.


8 komentar:

iam mengatakan...

nah..ini dio yg dcari

Riri mengatakan...

wah... infonya mantab..tapi kayak bunda nich keterima nggak yaaa

Kristina Dian Safitry mengatakan...

andaikan daku lom punya kerjaan...

Anonim mengatakan...

wah aku dah liat mas tp gak ada untuk jurusanku hiks

uNieQ mengatakan...

PU jurusan cc ga ada... iks iks.. mudah2an 2 lainnya ada deyh :) makasih rogan ;d

Anonim mengatakan...

mantab infonya

Anonim mengatakan...

good info.. ^_^

Anonim mengatakan...

Seumur hidup belum pernah ingin jadi PNS nih..