Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

HelmyYahya Jadi Rebutan









Mesuji Pematang Panggang – Presenter kondang asal Sumsel,HelmyYahya benarbenar menjadi primadona pada pemilihan gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan 4 September mendatang. Ibarat ”kembang desa”, produser beragam kuis dan reality show ini dipinang dua bakal calon gubernur sekaligus. Pinangan datang secara beruntun dari bakal calon gubernur incumbent Syahrial Oesman dan Ketua Komisi IV DPR RI Ishartanto.

Belum lama ini Ishartanto menggandeng Helmy mendaftar ke beberapa partai politik (parpol),seperti PDIP, PBR, dan rencananya pekan depan mendaftar ke Partai Demokrat (PD). Kemarin, giliran koalisi parpol pendukung Syahrial Oesman yang bernama Forum Parpol Sumsel Bersatu (FPSB) mendesak Syahrial agar menggandeng Helmy sebagai bakal calon wakil gubernurnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) FPSB Imanuel Ndoen mengatakan,hadirnya nama Helmy Yahya dalam bursa pencalonan Pilgub Sumsel pantas disambut antusias Syahrial Oesman yang hingga kini belum menentukan pasangannya. Selain muda dan populis, Ketua DPW Partai Damai Sejahtera (PDS) Sumsel ini yakin kalau Helmy Yahya mampu mendongkrak perolehan suara yang sangat signifikan bagi Syahrial Oesman.Sebab sebagai selebritis,kepopuleran Helmy yang merupakan putra asli Sumsel telah diketahui seluruh lapisan masyarakat khususnya di perkotaan.

”Hanya yang tidak punya televisi yang tidak tahu Helmy Yahya. Selain artis terkenal, dia juga cukup konsentrasi dengan perkembangan Sumsel sebagai daerah asalnya,”ujar Imanuel dalam konferensi pers yang digelar FPSB di Palembang kemarin. Imanuel menambahkan, mengacu pada pelaksanaan Pilkada Jawa Barat (Jabar) yang dimenangkan pasangan Achmad Heryawan-Dede Yusuf (Hade), tampak sentimen masyarakat pemilih saat ini cenderung menyukai pemimpin dari kalangan muda dan populis, terutama kalangan selebritis.

”Karena itu, kami sangat mendukung dan mendesak Syahrial Oesman sebagai calon gubernur yang didukung FPBS untuk menggandeng Helmy Yahya sebagai calon wakilnya,”ujar dia. Sementara itu, Ishartanto menyatakan, dalam pencalonan gubernur dan wakil gubernur Sumsel,dirinya dan Helmy Yahya sudah satu paket. Hal ini menurutnya sudah tergambar jelas dari kebersamaan keduanya saat mendaftar di beberapa parpol.

”Saya dan Helmy selalu berbarengan mendaftar, sejak mengambil formulir di PDI Perjuangan, PBR, dan Partai Demokrat, Minggu nanti. Ini sudah membuktikan bahwa kami satu hati dalam memajukan Sumsel,”ujar Ishartanto di Media Center Ishartanto- Helmy, Jalan Telaga, No 8, kemarin. Putra kelahiran Baturaja, Ogan Komering Ulu,48 tahun lalu ini menambahkan, dirinya dan Helmy sudah menyiapkan infrastruktur seperti media center dan membentuk tim sukses.

Selain itu, keduanya sudah sama-sama merumuskan visi dan misi membangun Sumsel dalam lima tahun ke depan. ”Kami juga sudah menurunkan tim survei ke masyarakat untuk memantau respons mereka terhadap pencalonan kami, dan hasilnya cukup bagus,” kata Ketua Wali Amanat Institut Pertanian Bogor (IPB) ini. Ishartanto mengungkapkan, majunya dia dan Helmy juga didasarkan pada alasan yang sama.

Menurutnya, dia dan Helmy sama-sama didesak tokoh masyarakat Sumsel untuk maju bersama membangun Sumsel karena keduanya dinilai mampu membawa Sumsel lebih baik lagi. “Ide kami berdua untuk maju muncul seketika,karena merespons permintaan para tokoh Sumsel yang menginginkan Sumsel berubah. Biar ada penyegaran,kalau dipimpin orang muda. Kemudian kami berdua berkomunikasi dan sepakat mendaftar melalui mekanisme partai,” ucapnya.

Meskipun begitu, saat ini keduanya masih terus berusaha mencari dukungan parpol untuk memenuhi syarat agar bisa maju dalam pertarungan menuju Sumsel 1. Ishartanto mengatakan, jika sampai saat pendaftaran tiba belum diperoleh dukungan parpol yang cukup untuk keduanya, ada kemungkinan mereka akan maju secara terpisah. “Bisa jadi saya yang maju sebagai calon gubernur (cagub) dengan orang lain, atau Helmy yang berpasangan dengan calon gubernur yang lain.

Yang penting visi dan misi yang sudah kami rumuskan bisa tetap direalisasikan. Jadi, salah satu di antara kami harus masuk, baik menjadi gubernur ataupun wakil gubernur,”ujarnya. Dia menambahkan,dari tiga parpol yang dilamar,keduanya mendapat respons positif dari kalangan bawah partai. Dirinya berharap respons yang sama akan diberikan pimpinan pusat partai.

“Kalau kalangan partai di tingkat provinsi semuanya sudah menerima kami, tapi keputusannya ada di tingkat pusat,mudah-mudahan keputusannya sama,”ujar anggota DPR RI dari Fraksi PKB ini. Sementara itu, menanggapi mengalirnya dukungan dari FPSB yang memasangkannya dengan Syahrial Oesman, Helmy Yahya menyambutnya positif. Helmy mengaku siap dipasangkan dengan siapa pun sebagai Wakil Gubernur Sumatera Selatan.

“Pada prinsipnya, saya siap menjadi pendamping atau sebagai wakil gubernur siapa saja karena ini mungkin merupakan jalan bagi saya untuk mengabdikan diri kepada provinsi kelahiran saya,”kata Helmy saat dihubungi semalam. Bagi Helmy, jika dipasangkan dengan Syahrial Oesman, dirinya harus banyak belajar dari mantan Bupati OKU tersebut. Dia menilai,komposisi ini cukup tepat karena memasangkan birokrat dengan tokoh muda seperti dirinya.

“Saya masih dalam tahap belajar tentang politik dan pemerintahan.Tetapi sebagai orang muda,saya ini termasuk yang cepat belajar, dan Pak Syahrial termasuk pemimpin panutan saya,”ucapnya. Meskipun begitu, Helmy mengaku belum memastikan siapa pasangannya dan akan meminta petunjuk dari Tuhan agar dipasangkan dengan calon gubernur yang terbaik.Sementara mengenai klaim dirinya satu paket dengan Ishartanto, menurut Helmy,dia dan Ishartanto memang berusaha maju bersama.

”Tetapi kami harus tunduk pada mekanisme partai dan tidak bisa memaksakan kehendak,” katanya diplomatis. Dia menandaskan,dirinya akan terlebih dahulu meminta restu dari Ishartanto seandainya keduanya batal berpasangan. Sebab,keduanya terus melakukan komunikasi mengenai rencana pembangunan Sumsel ke depan.“Saya dan kak Is (Ishartanto) ini sudah berjalan bersama sejak lama Dalam hal politik,saya banyak belajar dari beliau.Jika beliau merestui, saya akan tetap maju.

Saya selalu berkomunikasi dengan beliau termasuk rencana kedua belas partai yang memasangkan saya dengan Pak Syahrial,sudah saya bicarakan,”kata Helmy. Seperti diketahui, DPW PBR Sumsel melalui Ketuanya, Fauzih H Amro,telah menyatakan partainya siap mendukung Helmy Yahya untuk maju sebagai calon wakil gubernur dari PBR dalam Pilgub Sumsel mendatang.

Meski demikian,PBR belum menentukan pilihan akan menggandengkan Helmy dengan pasangan calon gubernur manapun. Namun,Fauzih meyakini, siapa pun calon gubernurnya, PBR tetap mendukung Helmy Yahya sebagai calon wakil gubernurnya. (a fajrihidayat/ dedy sagita)


Tidak ada komentar: